30/07/2018

Bagaimana cara mengukur sebuah program insentif?



Jika perusahaan Anda sudah menganggarkan biaya untuk sebuah program insentif, tentunya mereka juga ingin memastikan bagaimana biaya tersebut optimal. Program insentif akan membutuhkan banyak investasi di awal serta menghabiskan waktu berharga. Satu pertanyaan yang ingin Anda ketahui jawabannya adalah bagaimana cara mengukur program insentif yang sudah berjalan? Apa yang membuat suatu program bisa dikatakan berhasil adalah dengan mengukur hasil yang telah dicapai. Sebagai contoh, program insentif untuk tim penjualan, cara mudah untuk mengukur keberhasilannya dengan angka penjualan yang meningkat.

Tentukan Ekspektasi Anda Dalam Jangka Panjang
Memiliki tujuan adalah langkah awal yang baik, tetapi jangan dulu merasa puas. Jika Anda puas dengan apa yang Anda harapkan, Anda mungkin akan tergoda untuk berhenti atau memperlambat laju produktifitas. Jumlah pendapatan yang dihasilkan dari penjualan mungkin tidak akan mencerminkan peningkatan angka penjualan Anda yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, Anda harus selalu berusaha melampaui ekspektasi finansial Anda. Luangkan waktu sejenak untuk mengukur antara hubungan interaksi pelanggan baru dengan kebutuhan serta keinginan mereka. Ini adalah alat metrik yang perlu Anda pikirkan untuk menetapkan garis dasar yang kemudian akan berkembang kepada pendekatan holistik. Sudut pandang yang menyeluruh dapat membantu Anda menentukan apakah program insentif atau program lainnya yang sebenarnya membawa pendapatan yang diproyeksikan. Pada titik ini, Anda harus melihat kepada data survei Anda, laporan analisis, hasil eksperimen di lapangan dan dokumentasi lain yang Anda gunakan. Semua informasi ini akan membantu Anda dalam proses pengukuran, dan memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan pasti apakah penjualan Anda benar-benar meningkat.

Ciptakan Sistem Metrik Anda Sendiri
Anda dapat menciptakan sendiri cara untuk mengukur keberhasilan Anda. Sebagai contoh, jika Anda menginginkan pendekatan sistematis untuk mengukur program Anda, Anda dapat mengandalkan database koneksi pelanggan Anda dan mengkomunikasikan program yang sedang berjalan, melalui panggilan telepon. Pengukuran program ini adalah kombinasi antara data dan sistem. Namun, jika Anda menginginkan pendekatan metrik yang berbeda, yang lebih bersifat pribadi, Anda dapat menggunakan alat ukur dalam bentuk survei konsumen, wawancara, tingkat kepuasan, dan partisipasi pelanggan. Dalam setiap metrik, Anda harus dapat menentukan batas minimum yang harus dicapai. Dengan cara ini, Anda akan melihat dengan jelas perkembangan dari setiap metrik. Sebagai contoh, Anda ingin memastikan bahwa penjualan dari suatu produk tetap terjaga. Gunakan promosi dalam bentuk diskon, untuk meningkatkan penjualan Anda.



Tentukan Faktor Keberhasilan Anda Sendiri
Setiap program yang Anda rencanakan akan memiliki tujuan yang berbeda, berdasarkan nilai investasi dan harapan finansial Anda. Namun, Anda harus selalu mengharapkan lebih dari target yang telah ditetapkan. Misalnya, Anda dapat mengukur keberhasilan program Anda berdasarkan respons pelanggan. Menerima tanggapan positif terhadap produk baru adalah salah satu permulaan yang baik. Ini bagus dalam segala hal. Ketika Anda sudah menentukan alat ukur mana yang akan digunakan dan target yang ingin dicapai, Anda akan mampu untuk membuat pilihan terbaik dalam setiap keputusan di program Anda. Hanya Anda sendiri yang dapat menentukan indikator mana yang akan mengukur keberhasilan program Anda secara akurat.

Dokumentasikan setiap pencapaian
Jika program Anda sebelumnya tidak memenuhi harapan Anda, Anda masih dapat menggunakan data tersebut sebagai alat metrik. Data dapat menunjukkan kepada Anda produk mana yang paling banyak terjual, dan bagaimana pelanggan menanggapinya melalui survei atau wawancara. Kegagalan atau keberhasilan di masa lalu harus selalu dilihat sebagai informasi berharga. Dokumentasi adalah kunci untuk menjalankan dan mengukur semua jenis program. Anda dapat menggunakan informasi yang Anda kumpulkan untuk menjalankan program yang lebih baik atau menggabungkan dua program menjadi satu. Untuk mengukur hasil program dengan benar, pastikan untuk membandingkan data dari semua program yang Anda miliki. Semakin banyak program yang berjalan, maka semakin mudah juga bagi Anda untuk mengukur tujuan.

 

Contact Us

Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.