28/03/2018

Cara Mudah Membahagiakan Karyawan Anda

Sudah seberapa bahagia para karyawan di Indonesia saat ini? Bagi sebuah perusahaan, keberadaan karyawan adalah hal yang sangat penting. Sistem yang dibangun tidak akan bisa berjalan sempurna bila tidak ada sumber daya manusia (SDM) yang padu dan kompeten di belakangnya. Namun, banyak pemilik usaha pasti sepakat bila mengelola karyawan bukanlah hal yang mudah.

Mendapatkan karyawan dengan kualifikasi sesuai kebutuhan tidak gampang. Proses rekrutmen menguras banyak waktu dan biaya. Begitu karyawan yang berkualitas sudah didapat, masih ada pekerjaan rumah bagi pemilik usaha yaitu mengelola karyawan supaya bisa memberikan performa terbaik bagi perusahaan.

Pengelolaan SDM ini membutuhkan banyak upaya. Selain menciptakan sistem kerja yang tertata, sebuah perusahaan juga dituntut untuk mengelola loyalitas karyawan supaya para karyawan betah bekerja dan fokus memberikan produktivitas terbaik. Tingkat turn over yang tinggi di sebuah perusahaan seringkali menjadi masalah. Merekrut karyawan baru memakan waktu dan biaya tidak sedikit. Inilah mengapa mengelola loyalitas karyawan sangat penting dikelola.


 
Happiness Index Survey yang digelar oleh Jobstreet.com, akhir tahun 2017 lalu, mengungkapkan, sebanyak 71 dari 100 karyawan di Indonesia mengaku bahagia dengan pekerjaannya saat ini. Tingkat kebahagiaan karyawan di Indonesia meningkat dibandingkan tahun lalu. Namun, walau kebahagiaan karyawan meningkat, para karyawan ini merasa bahwa keadaan mereka tidak akan membaik dalam 6 bulan ke depan.

Beberapa hal yang membuat seorang karyawan kurang bahagia, menurut survei tersebut, antara lain, pengembangan karir yang kurang, masalah kepemimpinan di perusahaan, juga masalah gaji dan fasilitas atau benefit. Ini terutama diungkap oleh para karyawan muda anak millennial di kelompok usia 21-25 tahun.

Banyak cara agar karyawan bahagia dan loyal
Sebenarnya ada banyak strategi yang bisa diterapkan sebuah perusahaan agar karyawan yang bekerja terjaga loyalitas dan kebahagiaannya. Kebahagiaan bekerja seorang karyawan juga bukan melulu masalah gaji.

Memberi gaji besar tapi tidak tercipta budaya perusahaan yang nyaman, tentu tidak membuat seorang karyawan betah. Begitu juga atasan yang terlalu otoriter dan tidak mampu menunjukkan kepemimpinan yang baik, bisa membuat seorang karyawan mudah pindah mencari tantangan lebih menarik di luar.

Nah, bagi Anda para pemilik usaha atau manajer SDM, berikut ini langkah mudah agar karyawan di perusahaan Anda loyal dan selalu bahagia dalam bekerja:

1. Hargai karyawan Anda
Hubungan kerja yang baik seharusnya adalah hubungan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan antara si pemberi kerja atau perusahaan dengan si karyawan. Seorang karyawan butuh diberikan kesempatan yang pasti untuk mengembangkan keahlian profesional mereka.

Banyak perusahaan yang khawatir berinvestasi terlalu banyak pada karyawan mereka karena ada ketakutan si karyawan bisa sewaktu-waktu mengundurkan diri. Padahal yang terjadi bisa sebaliknya. Perusahaan yang tidak segan memberikan berbagai macam kesempatan bagi si karyawan untuk mengembangkan diri, bisa membuat karyawan merasa lebih dihargai dan memiliki alasan untuk loyal.

2. Manajer yang inspiratif
Manajer atau atasan adalah sosok penting bagi si karyawan dalam mencari inspirasi dan peluang pertumbuhan. Manajer yang baik dan memberikan banyak inspirasi dan motivasi pada bawahannya, umumnya melahirkan karyawan-karyawan yang loyal.

Perusahaan perlu memberi perhatian penting bagi level manajerial supaya membiasakan diri membagi expertise mereka pada para bawahan agar karyawan terinspirasi dan terpacu untuk tumbuh. Dengan begitu, karyawan akan tetap loyal.


3. Buka kesempatan promosi yang jelas
Kebutuhan untuk berkembang adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, termasuk seorang karyawan di sebuah perusahaan. Karyawan butuh diberikan ruang dan kesempatan untuk mengembangkan diri hingga bisa mencapai performa optimal mereka.

Seorang karyawan yang berkembang di sebuah perusahaan cenderung merasa lebih bahagia dan loyal. Maka itu, sebuah perusahaan penting membangun sistem promosi yang jelas dan terukur sehingga bisa memotivasi para karyawan untuk terus maju.

4. Sediakan program loyalitas
Selain menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan membangun sistem pendukung perkembangan karyawan, Anda juga bisa menimbang menyediakan program loyalitas karyawan. Misalnya, menyediakan hadiah spesial bagi karyawan dengan masa kerja paling lama. Atau, hadiah khusus bila karyawan mencapai target tertentu yang telah ditetapkan.

Program loyalitas ini sering diadopsi oleh perusahaan ritel untuk mendukung penjualan supaya lebih stabil. Nah, para manajer SDM juga bisa memakai sistem loyalitas ini untuk menjaga stabilitas karyawan di perusahaan.

Bila bingung merancang program loyalitas seperti apa yang tepat bagi perusahaan serta sesuai anggaran, Anda bisa memanfaatkan jasa Sodexo, perusahaan global yang berpengalaman menyediakan solusi pengembangan loyalitas karyawan sejak tahun 1976. Anda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan Sodexo di nomor (021) 789 1600 atau email cs.svc.id@sodexo.com.

 

Contact Us

Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.