04/07/2017

10 Cara Orisinil Meningkatkan Motivasi Karyawan


1. Menunjuk satu orang sebagai Chief Happiness Officer
Suasana hati yang baik itu mudah menular dan sering kali membuat hubungan antar karyawan menjadi lebih mudah. Chief Happiness Officer dapat menggunakan salah satu dari sembilan usul yang tercantum dibawah untuk menciptakan dan membudayakan suasana kerja yang sehat. Hal lain yang dapat dilakukan misalnya mengubah dekorasi kantor, menyediakan makanan kecil sehat untuk kudapan, menyediakan kesempatan kepada karyawan untuk berbagi pengalaman mengenai proyek pribadi atau perkerjaan sukarela yang bersifat amal yang dilakukan bersama kolega. Semua praktek yang baik ini dapat memicu dinamika positif, seperti yang timbul dari “Pyjama Parties” yang di cetuskan oleh Tony Hsieh, CEOs of Zappos, yang populer dikalangan konsumen dan karyawan1.
 
 

2. Mendorong kreatifitas
Ide yang terinspirasi dari Google ini memberikan kesempatan kepada karyawan Anda untuk mendedikasikan 20% dari waktu kerja mereka untuk terlibat dalam proyek kreatif dan inovatif yang tentunya juga menguntungkan buat perusahaan. Konsep yang menghasilkan Gmail2 dan 3M3 post-it yang terkenal itu, membuktikan bahwa dengan memberikan kendali penuh kepada kreativitas karyawan dapat menghasilkan dividen.
 
 

3. Berikan waktu kepada karyawan untuk fokus kepada diri mereka sendiri
Setiap bulannya, sekitar 8.000 karyawan Linkedin menggunakan hari Investment (akaInDays) untuk memfokuskan diri pada proyek pribadi yang bukan menjadi bagian dari pekerjaan mereka sehari hari di tempat kerja. Mereka didorong untuk menghabiskan sepanjang hari tersebut untuk mencari inspirasi segar, mencari pengalaman baru, dan memikirkan masa depan. Pendekatan ini memungkinkan karyawan untuk merangkul nilai dan budaya yang dimiliki perusahaan sambil tetap mengejar pengembangan pribadi mereka.
 
 

4. Memotivasi karyawan melalui tantangan bersama
Studi memperlihatkan bahwa tingkat retensi yang paling tinggi adalah pada saat Anda dapat melibatkan karyawan untuk memfokuskan perhatian mereka pada suatu tujuan bersama. Konsep motivasi bersama ini lah yang didukung oleh Virgin Pulse, sebuah program yang ditujukan untuk mempromosikan kebiasaan baik yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Kampanye tersebut berhasil menarik 1.5 juta peserta dan memungkinkan perusahaan mengerahkan karyawan untuk mengikuti tantangan yang berkaitan dengan kebiasaan makan sehat, olah raga, dan tidur teratur sambil terus mendorong karyawan untuk mengadopsi gaya hidup sehat baik di rumah maupun di kantor.
 
 

5. Buat karyawan Anda menjadi pimpinan dari proyek mereka sendiri
Bahkan perusahaan besar dapat membantu mengembangkan semangat wiraswasta. Karyawan Apple selalu didorong untuk mengerjakan proyek, sendiri atau dalam grup, dengan atau tanpa supervisi dari manajer. Dari program seperti inilah Macintosh dilahirkan, didesain oleh tim impian yang terdiri dari 20 insinyur yang dipimpin oleh Steve Jobs muda. Kebebasan yang berorientasi pada budaya perusahaan seperti ini semakin luas penyebarannya saat ini, (Business Challenge at PepsiCo, Le Village de l’Innovation at Crédit Agricole, etc.), dikarenakan kemampuannya untuk mengelola bakat dan kreativitas karyawan.
 
 

6. Memperkenalkan program meditasi
Latihan meditasi sedang populer saat ini. Di Sodexo, sebuah program yang memperkenalkan karyawan Sodexo Benefits and Rewards Services pada program yang melatih kemampuan untuk mengatur fokus (mindfulness) terbukti sukses. Selain keuntungan dan membangun kerja sama antar tim, program ini juga memberikan 27% kenaikan rasa nyaman ditempat kerja, sekaligus membentuk empati yang lebih kepada kolega yang terlibat di dalam program.
 
 

7. Memberikan fleksibilitas
Karyawan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan (well-rounded) biasanya mandiri, tenang dan dapat memegang tanggung jawab. Konsep ini berkisar pada pendekatan sukarela yang memperbolehkan karyawan untuk mengatur waktu dan kerja mereka se-fleksibel mungkin sesuai dengan kerangka bisnis perusahaan. Keuntungan ganda yang diperoleh: karyawan merasa mereka diberikan tanggung jawab dan kepercayaan lebih oleh perusahaan, dan di saat yang bersamaan, Anda menghilangkan stress yang diakibatkan oleh perjalanan lalu lintas pulang – pergi kantor yang bisa memberikan efek negatif terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Sebagai contoh inspiratif dari Ctrip, sebuah agen perjalanan di China. Inisiatif bekerja di rumah meningkatkan produktifitas hingga 13% dari 255 karyawan yang menjadi bagian dari program dan tingkat turnover karyawan turun hingga 50%4.