24/01/2018

5 Cara Meningkatkan Performa Tim Saat Masa Sulit


Seiring dengan menurunnya angka penjualan, banyak perusahaan dipaksa untuk mengevaluasi kembali anggaran yang mereka alokasikan untuk fasilitas karyawan. Namun, evaluasi yang berakibat pada pemotongan anggaran tidak selalu berakibat baik dalam jangka panjang, terutama pada motivasi dan produktivitas karyawan. Meskipun pengurangan biaya terkadang tidak dapat dihindari, perusahaan dituntut lebih cerdas dalam menemukan cara baru untuk memotivasi karyawan, terutama tim penjualan mereka, yang telah terbiasa dengan bonus yang bersifat finansial.

Berikut adalah lima cara yang telah teruji dan berhasil untuk memotivasi tim penjualan Anda dengan anggaran yang terbatas:


1. Fokus pada insentif jangka panjang
Insentif jangka panjang seperti opsi pembagian saham dapat dipertimbangkan untuk ditawarkan kepada karyawan senior yang duduk di posisi kunci perusahaan. Saat ini, untuk menarik talenta baru bergabung, opsi ini banyak ditawarkan untuk menarik sekaligus mempertahankan karyawan, terutama di level manajer, yang dinilai memiliki potensi lebih.

Pendekatan ini dapat Anda gabungkan dengan beberapa insentif lain, contoh: apabila karyawan yang direkrut telah bekerja di perusahaan dalam waktu yang cukup lama, maka karyawan tersebut akan diberikan bonus atau libur tambahan1.


2. Bantu karyawan Anda untuk menabung
Anda mungkin tidak dapat menawarkan bonus penjualan yang besar kepada tim penjualan, namun Anda dapat memberikan mereka fasilitas tambahan yang mempermudah mereka sekaligus memungkinkan mereka berhemat. Sebagai contoh, biaya transportasi biasanya menghabiskan sebagian besar dari anggaran bulanan karyawan, dengan menanggung sebagian dari biaya tersebut, perusahaan dapat memenangkan kesetiaan karyawan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Perusahaan dapat memberikan subsidi bensin/solar berbentuk kartu prabayar yang memungkinkan karyawan untuk melakukan pembayaran langsung dari kartu tanpa mempengaruhi cash flow pribadi sekaligus membebaskan mereka dari proses pengajuan klaim/reimbursement yang melelahkan.

Voucher restoran, voucher penitipan anak, voucher dry cleaning dan voucher konsultasi bantuan hukum atau keuangan merupakan beberapa pilihan fasilitas yang dapat disediakan perusahaan untuk meningkatkan daya beli karyawan.

Jika perusahaan belum dapat secara signifikan meningkatkan pendapatan yang mereka bawa pulang setiap bulannya, maka melalui tindakan ini, Anda dapat mengambil alih beberapa pengeluaran yang membebani.


3. Fokus pada keseimbangan hidup dalam bekerja
Tim penjualan memiliki waktu bekerja lebih panjang dibandingkan dengan karyawan dari departemen lain. Aktifitas mereka banyak dilakukan di luar kantor, melalui telepon atau bertemu pelanggan di luar jam kerja kantor.

Survei yang dilakukan MedReps2 terhadap perwakilan tim penjualan medis menunjukkan bahwa 72% dari mereka merasa puas atau sangat puas dengan pekerjaan mereka. Namun, mereka menunjuk keseimbangan hidup sebagai salah satu dari lima hal terburuk mengenai pekerjaan mereka.

Survei Posisi Tempat Kerja Staples Business Advantage3 mengatakan bahwa hampir 25% karyawan secara rutin bekerja di luar jam kerja normal dan sekitar 40% bekerja pada akhir pekan setidaknya sebulan sekali. Persentasenya bahkan lebih tinggi untuk tim penjualan.

Bantu mereka dengan memberikan fleksibilitas jam kerja seperti telecommuting. Jangan lupakan hal-hal kecil: biarkan mereka pulang kerja lebih awal pada hari Jumat, berikan mereka libur pada hari ulang tahun, dan lainnya.


4. Berikan latihan untuk staff Anda
Apa kunci untuk meningkatkan penjualan? Miliki seorang manajer penjualan yang baik!

Apa kunci menjadi manajer penjualan yang baik? Program coaching yang efektif!

Pelatihan dengan coaching dapat meningkatkan kinerja penjualan sebesar 17%. Tim penjualan yang mendapatkan effective coaching akan memiliki kinerja penjualan jauh lebih baik daripada tim penjualan yang tidak mendapatkan4.

Tidak ada yang dapat mempengaruhi engagement dan kinerja finansial dari tim penjualan selain sistem pelatihan yang efektif!


5. Pertahankan emosi yang positif
Jangan menunggu terlalu lama untuk merayakan keberhasilan. Merayakan keberhasilan adalah cara terbaik untuk mengimbangi tekanan pekerjaan dengan keberhasilan yang dicapai, seperti kemenangan penjualan dan kontrak baru, tidak peduli berapa nilainya.

Coba tawarkan fasilitas yang berbeda kepada tim penjualan Anda, fasilitas yang membuat mereka merasa istimewa dan layak mendapatkan keuntungan tersebut. Contohnya hadiah jalan-jalan, tiket konser musik atau acara khusus lainnya.
 
 
 
 

------------------------------
1 https://www.linkedin.com
2 https://www.salesforce.com
3 https://www.staplesadvantage.com
4 https://www.salesforce.com

 

Hubungi Kami

Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.