22/06/2017

Voucher Hadiah, Cara Efektif Sebagai Hadiah

Bagaimana caranya agar Anda dapat memberikan penghargaan dan insentif kepada karyawan yang dapat dipersonalisasi sekaligus menawarkan kebebasan untuk memilih? Salah satu pilihan populer adalah dengan menawarkan voucher sebagai hadiah yang digunakan untuk memotivasi karyawan agar mencapai target atau memberikan penghargaan atas penyelesaian sebuah tugas yang sulit.

Beberapa patah pujian atau ucapkan terima kasih melalui email adalah beberapa cara yang biasa digunakan para manajer dalam mengapresiasi pekerjaan yang diselesaikan dengan baik. Tapi apakah ada hal lain lagi yang bisa diberikan? Bagi sebagian besar perusahaan jawabannya adalah voucher hadiah. Bisa diberikan sebagai hadiah spontan atau bagian dari skema insentif untuk meningkatkan motivasi dan engagement karyawan, voucher hadiah memberikan banyak keunggulan. Selain dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan sekaligus memberikan freedom of choice bagi penerima, voucher hadiah adalah cara ideal untuk menjembatani perbedaan usia dan generasi antara karyawan.

 
 
Trend pemberian voucher hadiah meningkat
Di tahun 2015, pemberian voucher hadiah menjadi sangat populer sehingga 83% dari perusahaan di Amerika Serikat menyertakan voucher hadiah sebagai bagian dari insentif karyawan mereka1. Kenaikan tren direfleksikan dalam sebuah studi terpisah di tahun 2016 yang menyatakan bahwa disaat perusahaan menyediakan dana lebih untuk program insentif dan penghargaan buat karyawan mereka, bentuk hadiah yang paling banyak dipilih adalah voucher hadiah (67,7%), jauh diatas pilihan kedua yaitu pakaian (40%)2. Frekuensi perusahaan memberikan voucher hadiah juga meningkat hingga 37%, tidak hanya oleh perusahaan besar namun juga melebar kepada perusahaan kecil hingga menengah. Dalam studi yang dilakukan oleh Sodexo, perusahaan SMEs (Small Medium Entreprises) menyatakan keinginan mereka untuk menaikan pengeluaran perusahaan untuk program yang dapat meningkatkan keseimbangan gaya hidup karyawan, dalam 2 tahun mendatang. Terdapat 15 persen kenaikan pada perusahaan yang berencana untuk memberikan penghargaan kinerja karyawan dalam rupa bonus dan voucher hadiah dan 17 persent kenaikan bagi mereka yang merencanakan untuk membuat skema yang dapat meningkatkan daya beli (purchasing power) karyawannya3.

Keuntungan bagi perusahaan termasuk SMEs
Fleksiibilitas dari voucher menjadikannya ideal bagi perusahaan untuk menyesuaikan dengan besarnya anggaran yang dimiliki. Walaupun hasil penelitian menunjukan perusahaan besar lebih royal dalam menyediahkan hadiah, dengan porsi hadiah bernilai lebih dari $1,000 naik 1,3% dari total 6,2% di 2015-16, namun hampir 70% dari hadiah yang dibagikan adalah yang bernilai kurang dari $1004. Di saat bersamaan perusahaan yang masuk dalam kategori SMEs turut mengambil keuntungan yang ditawarkan voucher hadiah. Studi yang dilakukan Sodexo menemukan bahwa 88% dari SMEs yang tersebar di 7 negara, mengakui adanya perubahan positif dari suasana ditempat kerja melalui pemberian bonus dan voucher sebagai hadiah. Tambahan lagi, 71% dari responden menyatakan bahwa pendapatan perusahaan meningkat dan 72% melihat adanya penurunan tingkat ketidakhadiran karyawan.

 
 
Lalu apa kunci sukses dari sebuah program voucher hadiah?
Ada 3 to do list yang harus diperhatikan: pertama, menggiring karyawan komitmen karyawan dengan memberikan pilihan hadiah yang menarik dan banyak. Untuk program insentif karyawan, menggiring komitmen karyawan agar dapat dicapai, manajemen perusahaan juga akan memberikan penjelasan secara menyeluruh mengenai tujuan dari diadakannya program tersebut. Kedua, ikut sertakan karyawan dalam menetapkan target yang menjadi KPI mereka. Mereka pun harus dilibatkan dalam menentukan voucher hadiah seperti apa yang mereka inginkan menjadi hadiah dari pencapaian yang sudah ditetapkan bersama. Ketiga, setelah program berjalan, agar program berjalan lebih efeketif, dapatkan umpan balik dengan mengumpulkan pendapat karyawan. Dengan selalu mengikutsertakan mereka dalam proses, program akan tetap menarik dan sesuai dengan gaya hidup serta aspirasi dari karyawan.

Di saat perusahaan menentukan voucher atau hadiah lainnya di dalam program, elemen kejutan bisa sangat menentukan berapa lama program tersebut tersimpan di dalam memori karyawan. Belakangan ini muncul segmen yang dikenal dengan nama suprise and delight rewards,yang kesuksesannya di dukung oleh bukti ilmiah. Menurut para peneliti di Amerika Serikat, titik yang menjadi pusat kenikmatan (pleasure centre) di otak manusia bereaksi lebih jika kenikmatan yang diterima muncul tiba-tiba tanpa diharapkan sebelumnya5.

Pilihan voucher hadiah juga menjadi topik yang penting untuk dibahas mengingat luasnya demografis dari angkatan kerja yang ada saat ini. Kunci kesuksesan dari sebuah skema program adalah kemampuannya untuk menyediakan pilihan voucher hadiah yang cukup luas untuk memotivasi karyawan yang memiliki perbedaan latar belakang dan umur.

Menjembatani perbedaan generasi
Di era dimana generasi Milennials dan Baby Boomers bekerja berdampingan di tempat kerja, jenis voucher seperti apa yang menarik untuk mereka yang berusia 18 tahun dan 68 tahun? Studi yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukan kepopuleran elektronik voucher di kalangan Millenials meningkat, karena mudah digunakan dan cocok untuk e-commerce. Demikian pula dengan kartu yang bisa digunakan di banyak merchant6 (open loop) yang diterbitkan oleh banyak perusahaan kartu kredit.

Sebagai perbandingan, studi yang sama mengindikasikan bahwa generasi yang lebih tua memiliki pilihan yang berbeda dan lebih personal. Mereka lebih menyukai voucher atau kartu yang lekat dengan nama retailer tertentu.

Terlepas dari adanya perbedaan generasi, kombinasi know-how yang dimiliki oleh Sodexo, dilengkapi dengan survei7, berhasil mengindentifikasikan adanya pembedaan yang unik dari profil karyawan di tempat kerja. Profil yang berbeda tersebut menggarisbawahi kebutuhan untuk menyediakan lebih banyak variasi dalam memberikan solusi hadiah agar terlihat memiliki manfaat bagi karyawan.
 
 
 
 

------------------------------
1 http://cdnpos.com/stats-show-that-gift-cards-are-sold-all-year-round/
2 http://www.incentivemag.com/Resources/Research/2016-Corporate-Gift-IQ-Survey-Research/
3 Quality of Life: a BIG asset for small business leaders — SODEXO benefits and rewards services – 2016 study
4 http://www.incentivemag.com/Resources/Research/2016-Corporate-Gift-IQ-Survey-Research/
5 https://www.colloquy.com/article/science-behind-why-surprise-rewards-work/
6 http://www.chainstoreage.com/article/gift-cards-appeal-millennials
7 2016 Sodexo Benefits & Rewards study involving 3,224 employees and 880 companies in the United States, India, France, Brazil and Poland

 

Contact